Mengenal istilah bahasa Marketing Promosi & Media

Mungkin teman-teman sekalian masih suka ada kurang mengerti dengan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam Marketing Promosi, dan media, terutama untuk teman-teman yang bidang pekerjaannya tidak terkait dengan hal-hal tersebut, karena biasanya istilah-istilah ini banyak digunakan dalam area pekerjaan disemua bidang media , advertising, event organizer, dan sejenisnya,
atau mungkin posisi anda sebagai klien yang sedang mempelajari penawaran dari perusahaan media / advertising / EO, dan sejenisnya, tentunya sangat penting untuk mengetahui istilah-istilah yang lazim digunakan oleh mereka, agar tidak salah dalam berkomunikasi dengan pihak-pihak tersebut, akan tetapi penulis juga ingin memohon maaf jika dalam pengartian istilah-istilah ini masih ada yang kurang tepat,
apa saja sih istilah yang biasa banyak digunakan dalam marketing promosi & media? nahh ini kurang lebih yah istilahnya & semoga bermanfaat :
Above The Line (ATL)
Suatu bentuk komunikasi yang menggunakan media massa (dan dipublikasikan ke khalayak luas) seperti televisi, bioskop, radio, koran, internet, ponsel dan OOH untuk mempromosikan merek atau menyampaikan suatu tawaran spesifik.
Ad-libs
Iklan radio berupa teks tertulis yang dibacakan dan boleh di improvisasi oleh penyiar.
Advertising
Suatu bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan.
Ambient Brand
Keikutsertaan perusahaan dalam suatu gerakan sosial agar brand mereka terasosiasi dengan gerakan tersebut, bukan untuk mempromosikan produk tertentu. Dengan keterlibatan tersebut, perusahaan berharap agar brandnya diposisikan disekitar nilai-nilai dan kebutuhan sosial.
Advertorial
Iklan dalam bentuk editorial. Istilah “advertorial” adalah penggabungan dari dua kata yaitu “advertisement/iklan” dan “editorial.”
Alternative Advertisement
Adalah salah satu bentuk Out Of Home Advertising (OOH), iklan kreatif dan unik seperti menempatkan mock up sebuah produk berukuran raksasa di pinggir jalan,
Backdrop
Latar belakang panggung yang biasanya bertuliskan tema acara atau berupa gambar/bentuk yang berkaitan dengan jalan cerita diatas panggung.
Backstage
Area di belakang panggung, termasuk kamar rias dan tempat dimana semua pengisi acara dapat berkoordinasi dan beristirahat.
Banner Ad
Sebuah iklan grafis di halaman web yang biasanya memiliki ukuran lebar 468 pixel dan tinggi 60
pixel.
Casette banner stands
Pada saat terpajang, banner ini akan tampak serupa dengan roll-up banner. Wadah atau
cangkangnya sama-sama terbuat dari bahan aluminium. Perbedaannya, grafis pada roll-up
banner tidak dapat diganti dengan seketika sementara pada jenis cassette banner stands,
grafisnya berbentuk gulungan dan dimasukkan kedalam wadah/cangkang, serupa dengan
memasukkan roll film kedalam kamera. Grafis tersebut bisa diganti setiap saat sesuai
kebutuhan.
Horizontal banners
Spanduk rentang yang dipasang secara horizontal dan biasanya berukuran lebar 1m dan panjang 5m
atau lebar 1m dan panjang 6m, pada umumnya terbuat dari bahan kain atau vinyl. Kedua ujung grafis
dipasangi penyangga vertikal selebar kain/vinyl dan setiap ujungnya diikat dengan tali/kawat.
L-banner stands
Jenis banner ini sangat ringan dan tersedia dalam beberapa ukuran. Disebut L-banner karena
bagian atas dan bawahnya memiliki “klip” yang berfungsi untuk menjepit grafis agar tidak
terlepas dan dibagian belakangnya terdapat satu tiang penyangga yang terhubung dari atas
kebawah menyerupai bentuk huruf L.
Pole up tension banner stands
Banner yang memiliki 3 hingga 4 kaki dan satu tiang tengah yang berdiri tegak. Tiang dapat diatur
tinggi rendahnya sehingga ketinggian grafis bisa disesuaikan. Pada ujung atas tiang terdapat bagian
yang datar, tempat grafis digantungkan.
Roll-up banner stands
Banner yang memiliki wadah/cangkang yang terbuat dari bahan aluminium. Grafis tergulung di
dalam wadah/cangkang aluminium tersebut. Untuk menampilkan, cukup menarik grafis dari
dalam wadah/cangkang kemudian di topang dengan satu tiang tengah yang berdiri vertical dibelakang
grafis. Roll-up banner ada yang memiliki satu sisi dan dua sisi tampilan grafis.
Rotating banner stands
Banner yang berputar secara horizontal (kiri-kanan atau sebaliknya), membutuhkan listrik
karena didalam rangkanya terdapat lampu yang berfungsi untuk menerangi grafis. Grafis pada
jenis banner ini terbuat dari bahan stiker kemudian direkatkan pada bahan acrylic yang
ditempelkan pada rangka. Rangka pada umumnya terbuat dari bahan aluminium.
Tabletop banner stands
Ini adalah istilah untuk banner berukuran kecil yang biasanya ditempatkan diatas meja. Bisa
berbentuk roll-up maupun X-banner.
T-banners
Spanduk rentang yang dipasang secara vertikal. Bagian ujung atas dan ujung bawah grafis dipasangi
penyangga horizontal agar tidak bergoyang pada saat tertiup angin. Pada umumnya T-banners
memiliki ukuran lebar 0.9m-1m dan tinggi 2m-3m. Materi grafis biasanya terbuat dari bahan kain atau
Vertical banners
Umbul-umbul yang dipasang secara vertikal. Satu sisinya diikat pada tiang bambu, kayu, atau
besi sementara sisi lainnya dibiarkan bebas sehingga berkibar tatkala ditiup angin. Pada
umumnya vertikal banner memiliki ukuran lebar 0.9m-1m dan tinggi 4m-6m. Materi grafis
biasanya terbuat dari bahan kain atau vinyl.
X-banner stands
Jenis banner ini berdiri dengan tiga kaki. Kempat ujung dari grafis diberi lubang cincin kemudian
dikaitkan ke rangka penyangga yang berbentuk huruf X. Agar bisa berdiri tegak, ditengah rangka
tersebut ditambahkan satu tiang penopang. Tiang penopang ini bisa disetel naik-turunnya
untuk memudahkan pengaturan tingkat kemiringan banner.
Barricade
Struktur mirip pagar yang biasanya terbuat dari besi, berfungsi sebagai penghalang atau pembatas untuk mengontrol, mem-blok satu bagian tertentu. Barricade banyak digunakan pada saat konser musik untuk membatasi jarak penonton dari panggung, mengatur antrian tiket dan antrian di pintu masuk.
Below The Line (BTL)
Suatu bentuk komunikasi yang menggunakan media yang lebih terfokus (dan disampaikan ke khalayak tertentu) seperti brochure, flyer, telemarketing, direct-mail, point-of-sale, sales promotion untuk menyampaikan suatu tawaran spesifik.
Billboard
Adalah penggunaan papan tanda di sepanjang jalan raya untuk mengiklankan berbagai macam produk, layanan, atau kegiatan. Secara umum, Billboard harus cukup besar agar bisa terlihat dan terbaca dengan jelas oleh pejalan kaki, pengendara atau penumpang kendaraan di sepanjang jalan.
Blocking Time
Pembelian jam siaran dengan durasi tertentu dari sebuah stasiun televisi atau radio untuk diisi dengan program khusus dan iklan yang dimiliki oleh suatu perusahaan/lembaga untuk tujuan kegiatan pemasaran, promosi atau kampanye.
Brand
American Marketing Association mendefinisikan brand sebagai “nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lainnya yang mengidentifikasi produk atau jasa satu penjual yang membedakan dia dari penjual lainnya. Istilah hukum untuk brand adalah trademark (merek dagang). Sebuah brand dapat mengidentifikasikan satu jenis item, sekelompok item, atau semua item dari penjual tersebut. Jika brand digunakan untuk perusahaan secara keseluruhan, maka istilah yang lebih lazimnya adalah trade name (nama dagang). ”
Branding
Merupakan kegiatan untuk membangun brand yang dilakukan secara berkelanjutan, yang bisa berubah untuk mengakomodasi strategi pertumbuhan dan perubahan lingkungan bisnis.
Brand Activation
Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan beragam media untuk mengaktifkan brand dalam pikiran dan hati konsumen. Biasanya, brand activation dibuat dalam bentuk event.
Brand Awareness
Brand awareness mengacu pada kemampuan pelanggan untuk mengingat dan mengenali brand di bawah kondisi yang berbeda dan mengaitkan nama brand, logo, jingle, dan lain-lainnya dengan asosiasi tertentu yang ada didalam ingatannya. Ini membantu si pelanggan untuk memahami kategori apa produk atau jasa dari brand tersebut dan apa produk dan jasa yang ditawarkan oleh brand tersebut.
Brand Management
Penerapan teknik pemasaran untuk produk tertentu, lini produk, atau brand
Brand Promise
Merupakan janji dari suatu brand (dan apa yang telah dijanjikan di masa lalu). Di sini, brand dapat mewakili kualitas, kinerja, kepercayaan, atau janji-janji palsu yang selama ini disampaikan oleh suatu brand.
Brochure
Iklan cetak yang biasanya dilipat atau dijilid, terdiri lebih dari satu halaman, berisi informasi tentang produk, jasa, atau suatu kegiatan tertentu. Brochure biasanya dipajang, boleh dibaca dan diambil oleh konsumen.
Catalog
Buku yang biasanya berukuran kecil dan berisi berbagai macam produk atau jasa yang ditawarkan.
Classified Advertising/Classified Ad
Adalah iklan baris di surat kabar, halaman web atau majalah. Berukuran kecil, berisi kalimat pendek, umumnya tanpa gambar dan tarifnya jauh lebih murah dibanding display ad atau jenis iklan cetak lainnya. Classified ad kebanyakan dipasang oleh individu/pribadi dengan item tunggal yang ingin mereka jual atau beli.
Co-branding
Adalah ketika dua perusahaan membentuk aliansi untuk bekerjasama, menciptakan sinergi pemasaran.
Confetti
Terbuat dari potongan kertas atau mylar dengan berbagai macam warna yang dimasukkan ke dalam tabung silinder kemudian diberi tekanan gas dan tombol/mekanisme untuk meluncurkan potongan-potongan tersebut ke udara. Confetti banyak digunakan di acara peluncuran produk, konser, parade, dan acara perayaan lainnya.
Cost Per Acquisition (CPA)
Istilah Cost Per Acquisition atau Biaya Per Akuisisi digunakan untuk mengukur jumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan (akuisisi). Misal: untuk membuat/mensponsori suatu kegiatan, perusahaan mengeluarkan biaya 1 juta rupiah, ternyata diakhir kegiatan, perusahaan berhasil menjual 100 unit produknya dengan demikian maka CPA nya adalah: Rp1.000.000 ÷ 100 = Rp10.000
Sebaliknya, perusahaan juga bisa menetapkan CPA diawal dengan angka tertentu sehingga pada saat team promosi atau penjualan meminta budget maka acuan targetnya dihitung berdasarkan ketetapan CPA.
Cost Per Action (CPA)
(Kadang-kadang dikenal sebagai Pay Per Action atau PPA) adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemiliki website dibayar untuk setiap satu tindakan yang dilakukan oleh pengunjung situs terhadap iklan (misal: melakukan pembelian, pengiriman formulir, dan sebagainya).
Cost Per Click (CPC)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website atau search engine (mesin pencari) dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang terdapat pada situs.
Cost Per Conversion
Menggambarkan biaya akuisisi per pelanggan, biasanya dihitung dengan membagi total biaya dari kampanye iklan dengan jumlah yang melakukan konversi. Definisi “konversi” disini bervariasi tergantung pada situasi; bisa berarti pelanggan yang berminat, penjualan, atau pembelian.
Cost Per Impression (CPI)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah penayangan iklan di halaman web. Yang dimaksud dengan satu “impression” disini adalah tayangan iklan sebanyak satu kali pada halaman web. Setiap kali sebuah iklan muncul di browser pengguna, server iklan akan menghitungnya sebagai satu kali “impression”. Namun, server iklan dapat diprogram untuk tidak menghitung aktivitas re-load yang dilakukan oleh pengguna, atau aktivitas lainnya yang telah disepakati antara pengiklan dan perusahaan iklan.
Cost Per Lead (CPL)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sign-up (registrasi/pendaftaran) melalui situs web tersebut. Sign-up yang dimaksud disini biasanya terdiri dari data-data pengunjung situs seperti nama, alamat email, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.
Cost per thousand impressions (CPM)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan penayangan per seribu kali di halaman web atau media cetak.
Harga total yang dibayarkan dalam kesepakatan CPM dihitung dengan cara mengalikan tarif CPM dengan jumlah unit CPM.
Misal, satu juta tayangan dengan biaya Rp10 CPM sama dengan harga total Rp10.000
1.000.000 ÷ 1.000 = 1.000 unit
1.000 unit X Rp10 = Rp 10.000
Contoh lain:
1. Total biaya untuk menjalankan iklan adalah Rp15.000
2. Total pemirsa/pembaca adalah 2.400.000 orang
3. Hitungan CPMnya adalah: CPM = (Rp 15.000/2.400.000) * 1000 = Rp6,25
Cost Per Time (CPT)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah
hitungan waktu tertentu. Ini berbeda dengan Cost Per Impression (CPI) yang dihitung berdasarkan jumlah tayang. Sistem CPT memungkinkan iklan untuk tayang berkali-kali tanpa batasan selama jangka waktu kontrak. Ada beberapa situs/kontrak yang menjamin jumlah tayangan minimum. Jangka waktu dalam kontrak CPT bisa sesedikit satu jam atau sepanjang satu tahun.
Click Through Rate (CTR)
Adalah cara mengukur keberhasilan kampanye iklan online.
Perhitungan CTR adalah jumlah klik pada iklan dibagi dengan berapa kali iklan tersebut ditayangkan. Hasil perhitungannya ditampilkan dalam bentuk persentase.
Misal, jika sebuah iklan banner ditampilkan 100 kali (100 tayangan) dan dari total tayangan tersebut hanya mendapatkan satu klik maka CTRnya adalah 1%.
Cue Card
Juga dikenal dengan istilah Note Card adalah kartu/kertas berisi tulisan yang membantu aktor/pembawa acara/MC untuk mengingat apa yang harus mereka katakan.
Digital Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Digital Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, Online Marketing, Search Marketing atau e-Marketing.
Direct Mail
Adalah cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen, bisa berupa brochure, catalog, CD trial gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain sebagainya.
Direct mail dikirim kepada pelanggan berdasarkan kriteria tertentu seperti umur, pendapatan, lokasi tinggal, profesi, dan lain-lain.
Display Advertising/Display Ad
Adalah jenis iklan koran dan majalah yang biasanya berisi kombinasi teks, logo, foto, peta lokasi atau gambar lain. Display ad bisa berwarna (FC=full color) ataupun hitam putih (BW=black and white). Contoh:
effective Cost Per Action (eCPA)
Digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang dibeli oleh pemasang iklan melalui sistem CPC, CPI atau CPM.
eCPA memberikan gambaran kepada pengiklan perihal jumlah biaya yang akan mereka keluarkan andaikan pembelian iklan dilakukan dengan sistem yang berbasis Cost Per Action (CPA) dibandingkan CPC, CPI, atau CPM.
effective Cost Per Mille (eCPM)
Digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang dibeli oleh pemasang iklan melalui sistem CPA, CPC atau CPT.
eCPM memberikan gambaran kepada pengiklan perihal jumlah biaya yang akan mereka keluarkan andaikan pembelian iklan dilakukan dengan sistem yang berbasis Cost Per Mille (CPM) dibandingkan CPA, CPC, atau CPT.
E-Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. E-Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, Online Marketing, Search Marketing atau Digital Marketing.
Fanfare
Adalah alunan musik yang diputar/dimainkan untuk menandakan suatu pembukaan atau perpindahan sesi acara. Fanfare biasanya terdiri dari alat musik tiup dan perkusi. Fanfare berdurasi pendek, diputar untuk menggugah emosi dan membangkitkan semangat yang positif terhadap pendengarnya. Contoh:
Favicon
Sebuah ikon/logo kecil yang digunakan oleh beberapa browser untuk mengidentifikasi sebuah situs web.
Ikon/logo kecil ini tampil disamping alamat web.
Final Artwork (FA)
Adalah materi desain final yang sudah approved (disetujui) oleh klien untuk dijadikan separasi film dan siap dicetak. FA ini dibuat oleh desainer grafis atau art director, biasanya menggunakan Macromedia Freehand MX, Adobe Illustrator atau Photoshop sesuai kebiasaan masing-masing dan sesuai kebutuhan.
Flag Chain
Adalah materi promosi berbentuk bendera, kotak, segitiga atau lainnya dengan ukuran kecil yang terbuat dari bahan plastik napfa, karton, atau sejenisnya. Potongan lembaran-lembaran Flag Chain saling tersambung/terhubung antara satu dengan lainnya oleh tali atau sejenisnya dan biasanya digantung sebagai media promosi.
Flyer
Adalah satu lembar kertas, biasanya berukuran 8 ½ x 11 (A4), berisi informasi terbatas tentang promosi kegiatan, produk atau jasa yang ditawarkan ke konsumen dengan periode/batas waktu tertentu. Informasi yang tertera bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertas.
Front Of House (FOH)
Istilah ini biasanya digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser, dll). Dalam pertunjukan teater, FOH adalah bagian auditorium dan foyer dimana penonton berada. Dalam dunia konser musik, FOH adalah area di depan panggung dimana mixer dan sound engineer berada. Contoh FOH pada konser musik:
Global Brand
Adalah merek yang dibuat untuk mencerminkan nilai-nilai yang sama di seluruh dunia. Global Brand
melampaui asal-usul mereka dan menciptakan hubungan yang abadi dan kuat dengan konsumen di seluruh dunia dengan berbagai macam latar belakang budaya. Mereka adalah merek yang dijual di pasar internasional. Beberapa contoh Global Brand adalah Facebook, Apple, Coca-Cola, McDonald, KFC Mastercard, Sony dan Nike. Merek ini digunakan untuk menjual produk yang sama di berbagai belahan dunia dan dianggap berhasil karena produk yang terkait merek tersebut mudah dikenali oleh beragam konsumen.
Hanging Mobile
Adalah materi promosi yang bisa berbentuk dua dimensi (seperti bendera, segitiga, bulat, mengikuti bentuk produknya seperti ponsel, botol shampo dan lainnya) atau tiga dimensi (seperti bola, kotak, atau lainnya) yang biasanya terbuat dari bahan karton, atau sejenisnya . Hanging Mobile digantung di area penjualan. Contoh:
Internet Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Internet Marketing juga dikenal dengan istilah Digital Marketing, Web Marketing, Online Marketing, Search Marketing atau e-Marketing.
Leaflet
Adalah satu lembar kertas berukuran 1/3 kertas A4, hamper seperti ukuran daun (leaf). Lebih kecil dari Flyer, 3 lembar Leaflet sama dengan ukuran 1 lembar Flyer. Berisi informasi terbatas tentang promosi, kegiatan, produk atau jasa yang ditawarkan ke konsumen dengan periode/batas waktu tertentu. Informasi yang tertera bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertas.
Load-In (LI)
Istilah yang biasa digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser). Load-In adalah proses dimana
seluruh peralatan/perlengkapan untuk pertunjukan seperti sound system, lighting system, rigging stage, dan lain-lain, dibawa dan mulai dipasang di venue/area pertunjukan.
Load-Out (LO)
Istilah yang biasa digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser). Load-Out adalah proses dimana
seluruh peralatan/perlengkapan untuk pertunjukan seperti sound system, lighting system, rigging stage, dan lain-lain, dibawa keluar dan mulai dibongkar dari venue/area pertunjukan.
Local Brand
Sebuah merek yang dijual dan dipasarkan (didistribusikan dan dipromosikan) di wilayah geografis yang relatif kecil dan terbatas. Sebuah Local Brand (merek lokal) adalah merek yang dapat ditemukan hanya dalam satu negara atau wilayah. Ini dapat disebut Regional Brand (merek regional) jika daerah tersebut meliputi lebih dari satu pasar metropolitan. Perusahaan global/multi nasional juga bisa membuat Local Brand yang dikembangkan untuk pasar nasional tertentu.
Loose Spot
Iklan yang diputar di radio. Iklan tersebut dibuat dengan merekam suara orang yang membaca pesan tertentu yang ingin disampaikan, biasanya disertai dengan musik latar belakang atau efek suara lainnya.
Pesan yang disampaikan antara lain adalah jadwal kegiatan, jenis produk atau jasa yang ditawarkan, kapan produk atau jasa itu tersedia di pasar, periode promosi, harga, bagaimana dan dimana produk atau jasa tersebut bisa didapatkan oleh konsumen.
Millimeter Column (MMC)
Satuan ukuran untuk iklan Koran. Misal harga iklan adalah Rp 20.000 per MMC, berarti Rp20.000 untuk biaya pemasangan iklan dengan ukuran tinggi 1 mm x lebar 1 kolom.
Mural
Mural adalah setiap karya seni/iklan yang dicat atau diterapkan langsung pada dinding, atap atau permukaan permanen besar lainnya. Pada umumnya Mural mengikuti bentuk dasar dari bidang yang ditempatinya. Gambar atau grafis secara harmonis dipadukan/mengikuti bentuk bidangnya.
Online Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Online Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, e-Marketing, Search Marketing atau Digital Marketing.
Out Of Home Advertising (OOH)
Adalah iklan outdoor (luar rumah), komunikasi pemasaran ke konsumen ketika mereka sedang “di jalan” di tempat umum, menunggu (seperti di terminal, rumah sakit), dan/atau di lokasi komersial tertentu (misalnya di mall, trade center, toko eceran). Format OOH jatuh ke dalam lima kategori utama yaitu: billboard (papan tanda berukuran besar yang terpajang di pinggir jalan), mural (iklan yang menggunakan sisi bangunan, atap dengan cara mengecat atau menempelkan materi grafis), street furniture (misal tempat duduk di taman, halte bis, street signage), transit (misal bis kota, angkutan kota lainnya) dan alternative (iklan kreatif dan unik seperti menempatkan botol minuman berukuran raksasa di pinggir jalan).
Pamphlets
Dicetak di kertas untuk tujuan non-komersial, menyajikan argumen untuk membujuk pembaca agar menyetujui/memahami tentang suatu topik (misal isu mengenai daur ulang, pemanasan global, dll).
Pay Per Click (PPC)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung situs. model iklan ini digunakan untuk mengalihkan pengunjung dari satu situs ke situs lainnya.
Pay Per Lead (PPL)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sign-up (registrasi/pendaftaran) melalui situs web tersebut. Sign-up yang dimaksud disini biasanya terdiri dari data-data pengunjung situs seperti nama, alamat email, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.
Pay Per Sales (PPS)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah penjualan yang secara langsung dihasilkan oleh iklan pada website tersebut.
Personal Branding
Orang dan karirnya dipasarkan sebagai brand/merek. Membangun personal brand bisa berarti melakukan kegiatan/tindakan/aktivitas tertentu agar citra positif atas diri seseorang bisa terbangun di masyarakat. Latar belakang, karir yang dibangun dan track-record seseorang adalah personal brand orang tersebut.
Point Of Sale (POS)
Adalah titik penjualan, lokasi dimana transaksi/penjualan dan pembelian barang dan jasa terjadi. Istilah lainnya yang sering digunakan adalah Point of Purchase (POP).
Point Of Sale Materials (POSM)
Adalah materi promosi penjualan yang dipasang di dekat atau pada lokasi Point Of Sale untuk menarik perhatian pelanggan ke produk, yang mungkin produk baru atau penawaran khusus. POSM juga digunakan untuk mempromosikan acara khusus. Contoh materi POSM adalah: banners, flag chain, dummy packs, poster, flyer, hanging mobile, dan display stand. Istilah lainnya yang sering digunakan adalah Point Of Purchase Materials (POP Materials) dan Point Of Sale Display.
Poster
Adalah selembar kertas berisi informasi kegiatan, promosi produk atau jasa yang dicetak dan dirancang untuk terpasang ke dinding atau permukaan vertikal. Poster biasanya berisi teks serta gambar dan umumnya berukuran 40x60cm atau lebih besar.
Pop-Up Ad
Adalah iklan internet yang mana pada saat pengguna meng-klik maka iklan akan tampil di jendela browser baru.
Print Advertising/Print Ad
Adalah iklan cetak yang berisi informasi kegiatan, promosi produk atau jasa yang ditempatkan di koran, tabloid, majalah, dan buletin. Print Ad biasanya berisi teks dan gambar.
Promotion
Promosi adalah salah satu dari empat unsur marketing mix atau bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat). Ini adalah hubungan komunikasi antara penjual dan pembeli untuk tujuan menginformasikan, membujuk, atau mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Promosi juga dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan yang menggunakan berbagai metode untuk menjangkau khalayak yang ditargetkan dengan pesan tertentu untuk mencapai tujuan organisasi tertentu.
Proposal
Pengajuan usulan dan deskripsi tertulis tentang rencana pelaksanaan suatu event (kegiatan). Proposal biasanya terdiri dari 7 bagian yaitu: latar belakang pelaksanaan kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan, deskripsi detail kegiatan (apa dan siapa saja pengisi acaranya), detail komponen biaya yang dibutuhkan, kompensasi untuk sponsor/kategori sponsorship, lampiran contoh desain material promosi, lampiran susunan panitia.
Rating
Adalah evaluasi peringkat atau penilaian sesuatu, dalam hal kualitas (misal: rating kritikus terhadap sebuah novel atau tayangan televisi), kuantitas (misal: seorang atlet yang dinilai statistik-nya atau penghitungan jumlah penonton televisi/pendengar radio/pembaca koran), atau beberapa kombinasi dari keduanya. Salah satu contoh rating agency adalah AC Nielsen.
Rigging
Peralatan rigging mencakup beragam alat yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Definisi dasar dari Rigging adalah peralatan yang digunakan untuk mengerek, mengangkat, mendorong atau menarik benda lain. Dalam sebuah perhelatan konser musik outdoor, rigging digunakan untuk mengerek dan menggantung sound system di sisi kiri dan kanan panggung.
Rundown
Adalah review susunan acara yang berisi ringkasan aktivitas, person in charge (penanggung jawab atau yang bertugas) dan timing (waktu pelaksanaan) yang harus diikuti oleh seluruh pengisi acara dan crew. Rundown mengatur apa yang harus dilakukan pada waktu tertentu, siapa yang harus tampil dan apa saja perangkat pendukung yang harus menyertai penampilan tersebut (misal: iringan musik, pemutaran video, peluncuran kembang api, dan lain sebagainya).
Sales Promotion
Adalah setiap inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan sales (penjualan), usage (penggunaan) atau trial (percobaan) atas produk atau jasa. Contoh sales promotionadalah: pemberian hadiah pada saat pembelian produk, penerapan harga khusus selama periode tertentu, diskon belanja, kupon undian, beli 2 dapat 1, dan sejenisnya.
Search Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Search Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, e-Marketing, Online Marketing atau Digital Marketing.

Search Engine Optimization (SEO)

Adalah proses meningkatkan visibilitas sebuah website atau halaman web di search engine melalui sistem “natural” atau hasil pencarian tidak berbayar (“organic” atau “algorithmic”). Secara umum, semakin awal (atau semakin tinggi urutannya di halaman web), dan semakin sering sebuah situs muncul dalam daftar hasil pencarian, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan diterima dari pengguna mesin pencari. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video, materi pendidikan, berita, atau materi spesifik lainnya.
Slogan
Slogan adalah motto atau frasa yang digunakan dalam konteks politik, komersial, agama dan lainnya sebagai ekspresi pengulangan dari sebuah ide atau tujuan.
Soundcheck
Adalah persiapan yang terjadi sebelum konser, pidato, atau acara sejenisnya, yaitu ketika para pemain/pengisi acara dan sound crew (kru suara) bersama-sama melakukan uji coba pada sistem penataan suara untuk memastikan bahwa semua peralatan berfungsi dengan baik, suara di area penonton/Front Of House(FOH) dan diatas panggung dapat terdengar jelas, berada pada volume dan tone frekuensi yang tepat.
Sponsor
Adalah individu, kelompok, atau organisasi/perusahaan yang memberikan dukungan terhadap suatu kegiatan/acara tertentu.
Sponsorship
Mendukung suatu acara, kegiatan atau organisasi dengan menyediakan dana, waktu, produk, jasa atau sumber daya lainnya yang bernilai bagi acara yang disponsori. Sebagai imbalan, panitia biasanya akan mengikutsertakan brand Sponsor pada materi publikasi dan menyediakan tempat serta ruang iklan di lokasi acara bagi Sponsor untuk berpromosi dan melakukan aktivitas penjualan.
Stage
Dalam dunia teater atau konser, Stage adalah panggung pertunjukan yang digunakan oleh pengisi acara untuk tampil dihadapan penonton. Stage/panggung adalah fokal point bagi penonton.
Street Furniture Advertisement
Street Furniture adalah istilah yang digunakan untuk objek atau peralatan yang dipasang/ada dijalanan yang berfungsi untuk berbagai tujuan. Contoh Street Furniture adalah pembatas jalan, bangku, kotak pos, kotak telepon umum, lampu jalan, lampu lalu-lintas, halte bis, toilet umum, dan sejenisnya.
Street Furniture Advertisement adalah pemanfaatan Street Furniture untuk periklanan. Misal dengan menempalkan materi iklan di halte bis, kota telepon umum, atau lainnya.
Take One Box (TOB)
Adalah tempat penyimpanan Brochure atau Leaflet yang biasanya terbuat dari bahan acrylic atau karton, ditempatkan diatas meja/counter agar mudah dijangkau oleh konsumen.
Telemarketing
Adalah metode pemasaran langsung (direct marketing) dimana penjual menawarkan/membujuk calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa, baik melalui telepon atau melalui video conference.
Television Commercial (TVC)
Adalah iklan televisi berdurasi tertentu yang diproduksi menggunakan kombinasi audio (suara) dan video (gambar) yang bertujuan untuk memasarkan produk dan jasa.
The Line
Istilah The Line lahir dari definisi akuntansi yang mana above the line berarti pengeluaran saat ini (current expenditure) dan below the line berarti belanja modal (capital expenditure).
Through The Line (TTL)
Dalam beberapa tahun terakhir ini, klien dan agen periklanan telah beralih ke “Pendekatan Komunikasi Terpadu (Integrated Communication Approach)”, atau yang disebut dengan istilah pendekatan “Through The Line”.
Through The Line (TTL)
Penggabungan Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL) yang digunakan untuk mengintegrasikan upaya pemasar dan mengoptimalkan pengembalian dari investasi yang terpisah tersebut.
Transit Advertisement
Adalah salah satu bentuk Out Of Home Advertising (OOH), iklan yang ditempatkan pada kendaraan umum seperti, kereta, bis kota, atau jenis angkutan umum lainnya.
Value Per Action (VPA)
Mengacu pada model bisnis pemasaran online yang mirip dengan sistem Cost Per Action (CPA). Perbedaannya, Pada sistem Cost Per Action penjual hanya membayar biaya iklan ketika konsumen mengambil tindakan (seperti melakukan pembelian produk), pada sistem Value Per Action model tersebut dikembangkan lagi dengan menambah komponen revenue sharing ke konsumen. Semakin besar anggaran periklanan, maka semakin besar pula terjadinya peluang penjualan sebab setiap rupiah yang dikeluarkan oleh pemasar akan dibagi/di share ke konsumen dalam bentuk insentif pembelian.
Dua pemasar bisa saja menawarkan produk yang sama dengan harga yang sama, namun memberikan insentif yang berbeda untuk konsumen melalui sistem VPA ini.
Venue
Secara umum venue adalah tempat, tempat yang bisa berada dimanapun. Dalam dunia konser, venue adalah lokasi pertunjukan, tempat dimana pertunjukan akan dilangsungkan.
Viral Marketing
Adalah fenomena marketing yang memfasilitasi dan mendorong orang untuk menyampaikan/ meneruskan pesan pemasaran ke orang lain.
Web Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Web Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Search Marketing, e-Marketing, Online Marketing atau Digital Marketing.
sumber dari : radio rajawali group.co.id
https://adhityamaulanaditter.wordpress.com/2016/02/25/mengenal-istilah-bahasa-marketing-promosi-media/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh Budaya dan Sub-Budaya terhadap Perilaku Konsumen

Uji Validitas Kuesioner dengan Microsoft Excel

STRUKTUR PERUSAHAAN PERIKLANAN