STRUKTUR PERUSAHAAN PERIKLANAN

STRUKTUR PERUSAHAAN PERIKLANAN Pertemuan 12

Presentasi berjudul: "STRUKTUR PERUSAHAAN PERIKLANAN Pertemuan 12"— Transcript presentasi:

2 STRUKTUR PERUSAHAAN PERIKLANAN Pertemuan 12
Matakuliah : U0492 Periklanan 1Tahun :STRUKTUR PERUSAHAAN PERIKLANAN Pertemuan 12
3 Jenis advertising agency
Full Services AgencyCreative BoutiquesMedia Specialist Agency/Media Buying ServicesIn-House AgenciesBina Nusantara UniversityBina Nusantara University
4 How Agencies are Organized?
Semakin besar Agency, semakin kompleks juga fungsi layanan dan spesifikasi bidang pekerjaannya.Semakin besar sebuah agency semakin komplek fungsi dan layanan serta specifikasi pekerja yang dimiliki.Agency yang besar memiliki business unit yang berfunsi sebagai cluster focus bagi sebuah brand, produk atau pun service.Organisasi sebuah agency terbentuk melalui 4 fungsi besar berikut :1. Client/Account Service2. Creative services3. Media services4. Strategic Planning/ResearchBina Nusantara UniversityBina Nusantara University
5 Agency Multinasional Inter Public Group (IPG)
McCann Worldgroup; McCann Erickson, McCann Healthcare, Momentum, Weber Shandwick, MRM Worldwide, UniversalDraftFCBLowe Worldwide: Initiative (Media Specialist)WPP group:BateyYoung & RubycamGrey: G2 (BTL)JWTMindshare (Media Specialist)Ogilvy & Mather Worldwide; OgilvyOne, OgilvyActionWundermanBina Nusantara UniversityBina Nusantara University
6 Agency Multinasional Omnicom Group Publicis Groupe (Prancis)
Saatchi&SaatchiLeo BurnettPublicis IndonesiaBartle Bogie Hegarty (BBH)Euro RSCGDentsuHakuhodo (Jepang)Asatsu – DK (Jepang)Chuo Senko (Jepang)Astana InternationalOmnicom GroupDDB Worldwide; DDB Brainstorm, DDB AdvisBBDO (Komunika)TBWA\ WorldwideBina Nusantara UniversityBina Nusantara University
7 Agency Lokal Caberawit Hotline Advertising Macs 909 Matari Pantarei
Fortune IndonesiaOne CommNeo IndonesiaColman HandokoPoliyamaDwi SaptaDM PratamaOctocommAvicommArtek & PartnersNarradaAksaraGo-AdSemut Api ColonyOZEBina Nusantara UniversityBina Nusantara University
8 Struktur dalam advertising agency
CEOManaging Director/ General ManagerAccountMngmt.Dept.TrafficDept.PM/ProjectManagerStrategicPlanning Dept.Creative Dept.Media Dept.Finance Dept.HRDBina Nusantara UniversityBina Nusantara University
9 Account Management Department
The role of account management is a liaison between the client and the agencyin order to ensure that the agency focuses itsresources on the need of the client.By leading all communication projects hence all parties participated in theprojects understand and provide expected resultDeveloping the communication plan including recommendation tohelp clients achieve the marketing objetiveTo supervise day-to day workBina Nusantara UniversityBina Nusantara University
10 Berikut guidelines yang dimiliki oleh Account Management yang harus 
dijawab:1. What is the objective of the advertising2. Who is the target audience?3. What promise does the brand offer ?4. What is the support for this promise?5. What is the tone or personality of the advertising?6. What kind of media will be able to deliver the message?7. Are there unique opportunities in terms of timing, competitiveweakness, technological leadership, customer loyalties, orbrand equities that must be considered?Bina Nusantara UniversityBina Nusantara University10 
11 Beberapa jenjang dalam Account Management: Client Service Director
Head of all client service teamManage all teams and should handle on long term business plan for agency, lobbying.Group Account Director/Account DirectorMembawahi beberapa tim client service, menitik beratkan pada strategic thinking dari suatu brand, business plan.Bina Nusantara UniversityBina Nusantara University11 
12 Associated Account Director
Jenjang dari account manager sebelum ke Account director. Jod desknya tetap meliputi account manager job dan account directorAccount ManagerSupervise day to day project. Sudah terlibat juga dalam pembuatan strategi, namun juga masih involve dalam aktivitas detil suatu brand, budgeting, creative brief development bersama plannerAccount ExecutiveTerlibat lebih dalam dalam day to day projects, scheduling, budgeting, competitive review , membuat job request (RF) untuk day to day projects.Bina Nusantara University
13 Strategic Planning Department
Dahulu kala, departemen ini adalah bagian dari account management yaitu account planning.Dalam perkembangannya akhirnya memisahkan diri menjadi satu divisi khusus yaitu Strategic Planning.Pada dasarnya tugasnya adalah:Memahami marketing needs dari suatu BrandMempelajari Marketing Environtment (competitor, market, consumer, trade)Menentukan kearah mana Brand mau dibawaBina Nusantara University
14 Creative DepartmentCreative Departement merupakan dapur sebuah agency.Dimana hasil research dari client service dan planner digogok disini, diramu dengan resep kreativitas agar iklan yang diciptakan menjadi suguhan dan dinikmati oleh target audienceBina Nusantara UniversityBina Nusantara University14 
15 Creative Department Executive Creative Director (ECD)
Associated Creative Director (ACD)Creative Group Head (GH)Art DirectorCopywriterBina Nusantara University
16 Executive Creative Director/ Creative Director
Sebagai pemimpin departemen kreatif. Dia bertanggung jawab atas kemaslahatan orang-orang kreatif. Menetapkan standar kreatif. Membina hubungan dang para petinggi.Menentukan standar Kreatif dalam suatu agency.Menjaga dan mengarahkan brand supaya tidak lari kemana-mana.Associated Creative DirectorHampir sama dengan CD hanya lingkup yang lebih kecil alias dalam satu grup kreatif.Creative Group HeadMengepalai grup kreatif yang terdiri atas pasangan AD dan CW. Bertanggung jawab terhadap CD.Bina Nusantara University
17 Art Director (Pengarah Seni)
Bertangggung jawab atas segala urusan visual, konsep iklan, mensupervisi pemotretan, bertanggung jawab atas F/A.Copywriter (Penulis Naskah)Sebagai tukang merangkai kata-kata (copy) dalam suatu naskah iklan, storyline, radio.Mensupervisi pembuatan radio comm.AD dan CW ini bagaikan pasangan kekasih yang saling bersinergi. Mereka bersama-sama mendevelop ide-ide kreatif berdasarkan arahan kreatif dari CD dan memvisualisasikannya dalam suatu bentuk kreatif, seperti print ad, storyline/storyboard, radio comm.Bina Nusantara University
18 Production Studio Departemen pendukung Creative
Production dan Studio merupakan bagian terpenting dalam agency. Jika departemen ini diabaikan, bisa dibayangkan apa yang terjadi!!ProductionStudioMengurusi semua yg berkenaan dengan Finishing Artwork, Mock up, kerajinan tangan, tempel menempelMengurusi semua yg berkenaan dengan materi produksi.Misal: Separasi Warna, CetakanStudio ManagerProduction ManagerPaste up/Mock upartistGraphicDesignerF/A ArtistBina Nusantara UniversityBina Nusantara University18 
19 AV DepartmentAudio Visual Department ini mengurus semua yang berkenaan dengan proses pembuatan TVC, Radio Comm dan Pemotretan. Mereka harus memiliki hubungan yang baik dengan PH, Recording studio, FotograferAV ProducerTugasnya mengurus semua yang berkenaan dengan proses pekerjaan TVC dan Radio Comm, yaitu: Menghubungi PH, Recording studio, membuat budgeting, timelinePrint ProducerTugasnya mengurus semua yang berkenaan dengan proses pemotretan/ photo session. Misal: Menghubungi fotografer, membuat budget, mencari wardrobe (jika diperlukan)Bina Nusantara University
20 Media DepartementSome agencies have combined media and research under one executive and called the resulting function marketing services.Tetapi saat ini kebanyakan menjadi dua department yang terpisah atau bahkan out source.Bina Nusantara UniversityBina Nusantara University20 
21 Berikut adalah posisi pada department media : Media Planner
Seseorang yang mempunyai creative skill dalam mendevelop perencanaan media. Merekalah yang menentukan media mana yang akan dipakai dalam kampanye periklanan sesuai dengan CPRP(Cost per rating points- harga yang harus dibayar sesuai dengan rating program tersebut) dan GRP ( gross rating points- berdasarkan rating program tersebut )Media BuyerThe media buyer determines what media coverage is likely to be available atwhat cost.Seorang media buyer dituntut memiliki hubungan yang sangat baik kepada media house baik cetak maupun elektronik guna mendapatkan harga terbaik. Media buyer ini yang melakukan proses secara administratif dalam melakukan PO (Purchase Order ) ke pihak media.Bina Nusantara University
22 Media ResearchIn addition to planning and buying, most media department have mediaresearch section that gathers and evaluates media data.Media research akan menyediakan data-data mengenai harga media, TVrating, dan juga audience composition.Bina Nusantara UniversityBina Nusantara University22 
23 Others DepartmentKecuali beberapa department inti di atas ada juga departemen pendukung antara lain:Traffic DepartmentBisa juga sebagai Project Management.Tugasnya mengawasi suatu project dr awal s/d akhir ( termasuk budgeting/cost, timeline, outsourcing), menjembatani problem solver utk outsourcing.Sebagai “Polisi” agency untuk mengatur lalu lintas pekerjaan dari client service ke creative sehingga semua sesuai dengan time line atau deadline,Bina Nusantara UniversityBina Nusantara University23 
24 Sekian & Terima Kasih 24 Bina Nusantara University 

http://slideplayer.info/slide/3788451/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh Budaya dan Sub-Budaya terhadap Perilaku Konsumen

Uji Validitas Kuesioner dengan Microsoft Excel