Tahapan Proses Kerja Sebuah Advertising Agency

Digital marketing agency 021-7179 6222 – Beginilah tahapan proses kerja dari sebuah advertising agency dalam membuat iklan yang dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Advertising agency di Indonesia sendiri sudah mulai tumbuh menjamur dan bahkan saat ini sudah berkembang menjadi sebuah digital advertising agency, hal ini dikarenakan iklan dianggap cukup aktif untuk dapat menarik target audiens menjadi konsumen dari sutu produk atau jasa dengan cara yang berbeda dan kreatif.
Bagi orang – orang yang merasa memiliki imajinasi dan tingkat kreatifitas yang tinggi mungkin akan tertarik untuk bekerja di industri kreatif, seperti  advertising agency. Untuk mengenal lebih jauh sebelum memasuki dunia industri kreatif ini, maka sebaiknya pahami terlebih dahulu proses kerja di advertising agency untuk menambah wawasan.

Account Executive menerima brief

Pada tahap ini biasanya account executive melakukan pertemuan dengan klien untuk mendapatkan brief tentang produk atau jasa yang ingin dilakukan pemasarannya. Dalam tahap ini juga biasanya account executive melakukan perjanjian kepada klien tentang batas waktu yang ditentukan untuk melakukan projek pemasarn tersebut.
Account Executive membuat brief lengkap
Pada tahap ini account executive membuat brief dan data yang lengkap tentang produk dan pembuatan iklan, target market, masalah pokok dan gagasan yang diinginkan klien untuk diberikan kepada tim kreatif sebagai paduan. Biasanya paduan tersebut yang digunakan tim kreatif untuk membuat iklan untuk produk atau jasa tersebut.
tahapan-proses-kerja-sebuah-advertising-agency
Penetapan tugas tim kreatif
Pada tahap ini kepala tim kreatif melakukan pembagian tugas kepada masing – masing anggota di tim kreatif. Dalam tahap ini pun arti director dan copy writer mulai bekerja membuat gambar dan tulisan yang akan dimuat dalam iklan cetak maupun TVC.

Lay out kasar siap dipromosikan

Hasil kerja tim kreatif berupa lay out kasar mulai didiskusikan apakah masih ada yang kurang, saat itu. Disini kepala kreatif memberikan tanggapan, masukan bahkan penolakan. Apabila hasil dirasa sudah cukup maka siap untuk diberikan kepada AE.
AE memberikan kepada klien
Proses ini adalah dimana AE memberikan hasil yang sudah dibuat oleh tim kreatif kepada klien apabila dirasa sudah cukup maka proses akan dilanjutkan pada tahap produksi apabila klien menolak maka tim kreatif harus memikirkan kembali iklan yang harus dibuat.
Proses kerja di advertising agency di Indonesia sendiri juga dapat dikatakan memang cukup sulit dan semua tergantung kepada klien. Maka disini pentingnya membangun kerjasama antar Accoount Executive dan tim kreatif, serta membangun relasi yang baik dengan klien. Tim kreatif harus mengerjakan beberapa plan agar dapat menjadi pilihan untuk klien, hal itu juga dapat meminimalisir penolakan oleh klien karena klien diberikan kesempatan untuk memilih.
Dalam melakukan pekerjaannya Account Executive juga harus memperhatikan dengan seksama brief yang diberikan oleh klien, dengan begitu Account Executive dapat memberikan brief yang tepat untuk tim kreatif dan tim kreatif dapat mengerjakan sesuai dengan keinginan klien dan menciptakan iklan yang dapat menarik perhatian klien.
Hal ini juga dapat membuat waktu kerja yang digunakan lebih efektif, sehingga klien juga akan merasa puas dengan hasil yang dikerjakan oleh agensi perikalan tersebut. Tahapan proses kerja tersebut bukan hanyalah sbeuah teori dan sangatlah penting maka harus dilakukan dengan benar dan sesuai untuk mendapat hasil yang diinginkan.Tahapan proses kerja ini akan menentukan bagaimana kelanjutan dari produk atau jasa yang diiklankan tersebut kedepannya.
Sumber: http://www.brightstars.co.id/blog/tahapan-proses-kerja-sebuah-advertising-agency/ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh Budaya dan Sub-Budaya terhadap Perilaku Konsumen

Uji Validitas Kuesioner dengan Microsoft Excel

STRUKTUR PERUSAHAAN PERIKLANAN